Pengertian Umum
Personality atau kepribadian berasal dari kata persona yang berarti topeng, yaitu alat untuk menyembunyikan identitas diri. Adapun pribadi yang merupakan terjemahan dari bahasa Inggris person.

Secara fisiologis dapat dikatakan bahwa pribadi adalah “aku yang sejati” dan kepribadian merupakan “penampakan sang aku” dalam bentuk perilaku tertentu. Kepribadian adalah kesan yang diberikan kepada seseorang kepada orang lain yang diperoleh dari apa yang dipikir, dirasakan, dan diperbuat yang terungkap melalui perilaku.

Kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai sifat dan konsep diri orang. Sebenarnya proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan kepribadian seseorang. Secara umum, dapat disimpulkan bahwa kepribadian manusia merupakan suatu proses dinamis dalam diri, yang terus-menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga terbentuk pola penyesuaian diri yang khas atau unik pada setiap orang terhadap lingkungan.

KELOMPOK TEORI KEPRIBADIAN
1. Type Theory (Galen, Ernest Kretschmer, William Sheldon)
Galen mendasarkan penemuannya berdasarkan pada doktrin Hippocrates bahwa tubuh manusia dibentuk dari darah (blood), zat empedu kuning (yellow bile), zat empedu hitam (black bile), zat lendir (phlegm), yang berkaitan erat dengan empat tipe tempramen manusia berikut:
a) Sanguin, dengan kekuatan pengaruh zat darah, dicirikan dengan orang yang aktif, giat, dan atletis
b) Choleric, dengan kekuatan pengaruh zat empedu kuning (yellow bile) dicirikan dengan tempramen suka marah
c) Melankolik, dengan kekuatan pengaruh zat empedu hitam (black bile) dicirikan dengan mudah depresi atau sedih
d) Phegmatik, dengan kekuatan pengaruh zat lendir (phlegm) dicirikan dengan cepat lelah dan malas

2. Trait Theory (G.Alport dan R.B. Cattell)
Mereka mendefinisikan trait (watak), sebagai susunan neurophysic yang mempunyai kemampuan memberikan banyak rangsangan pada fungsi yang sederajat dan mengarahkan bentuk dan pengungkapan perilaku. Berikut kalsifikasi sifat berdasarkan empat pasang tipe yaitu sebagai berikut:
a) Common vs unique, artinya terdapat sifat-sifat umum yang dimiliki oleh semua orang dan orang yang memiliki sifat khusus dan tidak dimiliki orang lain
b) Surfaces vs source, artinya suatu sifat ada yang mudah dapat dilihat dan ada yang harus dilakukan penelitian lebih jauh baru dapat kelihatan
c) Constitutional vs environmental mold, yaitu sifat yang tergantung pada pembawaan (constitutional) dan yang tergantung pada lingkungan
d) Dynamic vs ability and temprament, dynamic artinya sifat yang mendorong seseorang untuk mencapai tujuan dan sifat yang menentukan kemampuan untuk mencapai tujuan dan tempramenadalah aspek-aspek emosional yang mengarahkan kepada aktivitas.

Komentar
  1. Goda-Gado mengatakan:

    Personality atau kepribadian berasal dari kata persona yang berarti topeng,

    tmbhan informasi dan pengetahuan mas
    makasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s