Rangkuman Materi Menulis

Posted: Desember 17, 2009 in Rangkuman Materi B Indo 3
Tag:, ,

Ringkasan Materi

Pengertian Menulis

Menulis ialah melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang sehigga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut jika mereka memahami bahasa dan gambaran

Fungsi dan Tujuan

1. Memudakan para pelajar untuk berpikir

2. Melatih berpikir secara kritis

3. Memperdalam daya tangkap

4. Memecahkan masalah-masalah yang akan dihadapi

Tujuan

1. Tujuan pemecahan masalah (problem solving purpose)

2. Tujuan penugasan masalah (assignment purpose)

3. Tujuan altruistik (altruistik purpose)

4. Tujuan persuasif (persuasive purpose)

5. Tujuan penerangan (informational purpose)

6. Tujuan pernyataan (self-ekspressive purpose)

7. Tujuan kreatif (creative purpose)

Ragam Tulisan

1. Narasi

Paragraf yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan urutan waktu atau kronologis. Isi cerita dapat berupa non fiksi atau fiksi. Narasi dibagi menjadi dua yaitu :

a. Narasi ekspositoris, yaitu rangkaian cerita diceritakan dengan bahasa yang lugas dan konflik tidak terlalu ditonjolkan

b. Narasi artistik, yaitu narasi yang murni narasi

2. Deskripsi

Karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek, sehingga pembaca dapat ikut merasakan, mengalami, melihat dan mendengar apa yang yang ditulis oleh pengarang.

3. Eksposisi

Sutu bentuk tulisan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara akurat. Diperkuat dengan menggunakan data (angka, peta, statistik, dan analisa). Contohnya adalah laporan.

4. Argumentasi

Suatu bentuk tulisan yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan bukti-bukti, alasan-alasan, dan pendapat yang kuat. Sehingga gagasan yang dikemukakan penulis dapat diyakini dan dipercaya oleh pembaca.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis

1. Paragraf

Satu paragraf hanya mengandung satu kalimat utama. Berdasarkan letak kalimat utamanya dibedakan menjadi :

a. Deduktif, kalimat utamanya terletak di awal paragraf

b. Induktif, kalimat utamanya terletak di akhir paragraf

c. Campuran/variatif, kalimat utamanya terletak di awal paragraf dan di akhir paragraf

d. Naratif/deskriftif, letak kaimat utamanya pada seluruh kalimat

e. Ineratif, dituliskan dari penjelasan kemudian ke pernyataan umum lalu kembali ke penjelasan lagi

Fungsi paragraf :

a. Paragraf pembuka (sebagai pembuka awal suatu paragraf)

b. Paragraf penghubung (sebagai penghubung ke paragraf berikutnya)

c. Paragraf penutup (sebagi penutup paragraf)

2. Kerangka karangan

Disebut juga outline. Outline adalah sebuah karangan yang sudah diatur secara sistematis, menyeluruh dan mencakup semua hal yang akan dikemukakan.

Peran Outline :

a. Pedoman pokok mengembangkan karangan

b. Pedoman urgensi

c. Pedoman Sistematik

Langkah-langkah menyusun kerangaka

a. Catat semua ide

b. Seleksi ide-ide secara tepat

c. Urutkan ide secara tepat

d. Kelompokkan ide secara tepat

e. Langkah seleksi sudah dikerjakan

Sistem penempatan ide-ide dalam heading :

1. Cara biasa

a. Berdasar urutan waktu

b. Berdasar urutan materi

c. Berdasar urutan materi yang tidak boleh diabaikan

2. Pertimbangan logis

a. Dari klimaks ke antiklimaks

b. Dari yang umum ke yang khusus

c. Dari yang khusus ke yang umum

d. Berdasarkan sebab akibat

e. Dari akibat menjurus ke sebab

f. Berdasar hubungan eratnya materi

g. Dari yang bermanfaat ke yang tidak bermanfaat

h. Dari yang sukar ke yang lebih mudah

i. Urutan berdasarkan pertimbangan psikologi

j. Berdasarkan kemungkinan saling menjelaskan

Pengembangan kerangka karangan

a. Pendahuluan bersifat menjelaskan dan mendorong

Kallimat-kalimat utamanya diusahakan menarik minat pembaca. Penulis harus menunjukkan bahwa benar-benar mengetahui dan menguasai masalahnya

b. Batang tubuh sebagai isi karangan

Dalam batang tubuh terdapat segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah yang dikemukakan. Di dalam batang tubuh dipergunakan contoh-contoh, uraian-uraian, serta persoalan-persoalan

c. Bagian penutup

Peran penutup yaitu :

1. Sebagai penutup

2. Berisikan poin-poin singkat dan jelas

3. Penutup

Teknik Penulisan

Teknik penulisan ini dikembangkan dengan cara sebagai berikut :

1. Sering menulis berdasar keguanaan spesifik atau audience spesifik

2. Memahami fakta bahwa menulis adalah menengok kembali atau menulis adalah memperdalam keahlian

3. Memperoleh pengalaman editing yang akan bermanfaat tdak hanya untuk menulis akan tetapi secara keseluruhan bermanfaat untuk pengembangan kemampuan riset dan auditory/observasi

4. Mempublikasikan tulisan

Tiga pilar utama dalam ketrampilan menulis yaitu :

1. Aktivitas menulis telah merubah dunia

2. Memperkaya kehidupan politik suatu negara

3. Mengungkap secara mendalam berbagai hal-hal yang seringkali orang tidak melihatnya

Tujuan pembelajaran menulis

1. Mampu melatih dan menata gagasan dengan penalaran yang logis dan sistematis

2. Mampu menuangkanke dalam bentuk-bentuk tuturan bahas Indonesia

3. Mampu menuliskan sesuai dengan pedoman umum EYD

4. Mampu memilih ragam bahasa indonesia sesuai dengan konteks komuniksasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s