Ragam Tulisan

Posted: Desember 19, 2009 in Aneka Ragam Tulisan
Tag:, , , ,

Narasi

Ki Hajar Dewantara
Nama aslinya adalah RM Suwardi Suryaningrat. Beliau lahir pada hari Kamis Legi tanggal 2 Puasa 1818 atau 2 Mei 1889. Ayahnya bernama Kanjeng Pangeran Haryo Suryaningrat. Beliau cucu dari Pakualam III.
Beliau menyelenggarakan pendidikan nasional, usahanya dimulai pada 3 Juli 1922 dengan mendirikan sekolah pertama di Yogyakarta yaitu Taman Siswa. Sejak itulah beliau disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Beliau tidak hanya berjuang dalam pendidikansaja tetapi juga bidang politik dan jurnalistik. Ia juga aktif di organisasi Budi Utomo, Serekat ISlam dan Indische. Ki Hajar Dewantara adalah perintis pendidikan, kemerdekaan, dan juga kebudayaan.

Deskripsi
Kebun Tebu
Sejauh mata memandang terbentanglah hamparan tanaman hijau. Sejuknya angin yang bertiup sepoi-sepoi menambah hangatnya suasana di pagi dan sore hari. Burung-burung beterbangan kesana-kemari dengan lincahnya, seolah sedang menandakan bahwa mereka riang gembira. Gemercik air mengalir terdengar hingga kejauhan dan menambah susana damai di hati.

Eksposisi
Instalasi Driver Printer
Berikut ini akan di jelaskan bagaimana cara mudah instalasi printer ke komputer kita. Langkah pertama yaitu nyalakan komputer, di langkah pertama pastikan printer dalam keadaan mati. Berikutnya hubungkan kabel USB ke printer dan ke komputer, bila ada program lain yang aktif nonaktifkan dulu. Kemudian masukkan CD Printer Driver ke CD ROM. Lalu muncul tampilan menu pilihan, pilihlah Region Asia dan klik Next. Klik Easy Install dan ikuti langkah selanjutnya. Printer akan dikenali oleh Windows kemudian istalasi akan dilanjutkan. Bila sudah berhasil, maka akan mucul boks yang bertuliskan pesan “Installation completed succcessfully” lalu klik exit.

Argumentasi
Pengakuan terhadap Budaya Bangsa
Budaya adalah khasanah yang tak ternilai. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai budaya yang ada di suatu bangsa itu sendiri. Dan suatu bangsa akan memiliki suatu ciri khas yang membedakan dari bangsa-bangsa yang lain. Sehingga bangsa itu punya suatu keunikan yang tentunya sangat menarik untuk dipelajari dan dilestarikan.
Budaya merupakan nyawa bagi sebuah bangsa. Jadi bangsa akan lebih dikenal oleh bangsa lain yaitu karena budayanya. Dari ribuan budaya yang ada di negeri kita, salah satunya adalah budaya yang pernah diakui oleh bangsa lain. Itu disebabkan karena tidak adanya perhatian dari masyarakat yang ada di suatu bangsa itu sendiri. Bila tidak sadar dari sekarang, maka lambat laun bangsa kita ini tidak akan memiliki lagi suatu ciri khas yang membuat bangsa lain tertarik akan keanekaragaman budaya di negara kita. Lalu, lenyaplah budaya anak bangsa. Oleh karena itu diperlukan adanya sebuah pengakuan (hak paten budaya) sehingga tidak akan ada lagi bangsa lain yang akan mengusik dan mengklaim budaya bangsa kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s